Rabu, 04 Januari 2012

Berhadapan dengan perempuan besi

Kejaksaan agung Ukraina disebut juga dengan office of the prosecutor General of Ukraina.lembaga ini di pimpin oleh jaksa agung atau Attorney General atau prosecutor General.Kejaksaan Agung Ukraina saat ini dipimpin oleh Viktor Pshonka.
Adapun tugas dan wewenang kejasaan Agung Ukraina adalah:
1. Berwenang penuh pada penuntutan di pengadilan mengatasnamakan negara.
2. Mempresentasikan kepentingan warga negara atau dari Negara di pengadilan salam setiap kasus.
3. Melakukan pengawasan terhadap penegakan hukum.
4. Melakukan aktifitas investigasi, penyelidikan dan penyidikan pra persidangan di pengadilan.
5. Pengawasan terhadap hukum dalam pelaksanaan keputusan keadilan dalam kasus pidana, dan juga dalam penerapan dalam tindakan lain yang berkaitan dengan pembatasan kebebasan pribadi warga negara.
Jaksas Agung di angkat oleh preiden Ukraina dengan persetujuan dari parlemen (Verkhovna Rada) untuk masa jabatan lima tahun.begitu pula, ia diberhentikan oleh presiden.
Demikian juga, parlemen juga dapat mengungkapkan ketidakpercayaannya terhadap Jaksa Agung dan berhak bentuk menuntutnya untuk mengundurkan diri.
Dalam teori dan praktiknya, kejaksaan A gung di Ukraina memiliki kekuasaan yang cukup besar.
Priksa Mantan Perdana Mentri
Salah satu prestasi kejaksaan Agung Ukraina adalah keberaniannya memeriksa mantan perdana Mentri, Yuli Tyimosenko.pda Mei tahun2011, pihak kejaksaan telah memenggil Perdana Mentri yang berparas cantik itu untuk penyelidikan.
Wanita yang di jiluki perwmpuan besi ini tersangkut masalah penyalahgunaan kekuasaan sehubungan dengan kontrak energi baru yang di tanda tangani nya dengan perdana Mentri Rusia Vladinir putin pada 2009 silam.
Penandatanganan ini di lakukan setelah terjadi gangguan dalam pengiriman gas. atas perjanjian tersebut, disinyalir negara mengalami kerugian sekitar 200 juta dolar.
Berabarangan dengan tuduhan itu, ia juga di indikasikan memaksa pimpinan perusahaan naftogas untuk menandatangani kesepakatan dengan Rusia gazporm.atas tujuan tersebut, Tymosenko mengaku tidak bersalah dan melancarkan kecaman terhadap presiden Ukraina Viktor Yanukovych.ia juga menganggap, tuduhan ini sbagai tindakan balas dendam yang berbau politik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar